Selasa, 20 Januari 2009

Test Materialisme

“Cewek matre-cewek matre kelaut aja, Cewek matre-cewek matre….”itulah sepenggal lagu yang di bawa kan oleh kelompok Rep remaja “black skin”,yang populer di tahun 90 an, tentu saja lagu ini banyak di protes oleh cewek yang merasa diri nya matre, tapi yang menjadi pertanyaan di sini adalah ukuran matre itu sebenarnya apa sich dan apakah hanya cewek yang berhak mendapatkan stempel matre di jidatnya,ijasa kalee…he..he.trus kalau begitu bagaimana dengan cowok, apakah cowok akan bebas dari predikat cowok matre?

kalau menurut saya matre itu relatif tergantung dari perspektif mana kita pandang,relatif tidak ada satu patokan yang bisa menjadi satu ukuran yang pasti.karena referensi untuk menentukan seseorang matre sangat sedikit dan terbatas sekali.setelah saya melakukan pencarian (detektif kalee ),dengan berbagai macan referensi akhirnya saya menemukan test tentang materialisme di salah satu halaman buku yang membahas tentang sebab-sebab manusia menjadi bahagia berjudul “Meraih kebahagiaan” karangan Jalaluddin Rakhmat,test ini di buat oleh dua orang peneliti ilmu kejiwaan berkebangsaan Amerika yaitu Prof. Richins and Dr. Dawson,setelah keduanya melakukan riset dan penelitan yang cukup panjang dan melakukan percobaan untuk membuktikan benar atau tidak analisanya.maka mereka berhasil menemukan salah satu metode untuk menetukan apakah seseoarang mempunyai sifat atau kecenderuangan matre atau tidak.

Berikut ini adalah test materialisme yang berhasil di kembangkan oleh kedua ilmuan Amerika tersebut,benar atau tidaknya hasil testnya tergantung dari pribadi kita masing-masing dalam menyikapi hasil test tersebut.Ingat ini hanya test kebenaranya sangat “Relatif dan Tidak Mutlak“.

Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan jawaban sebetul-betulnya,sesuai dengan perasaan dan hati nurani anda.

  1. Saya mengagumi orang-orang yang punya rumah,mobil dan pakaian mahal
  2. Diantara pencapaian yang paling penting dalam kehidupan adalah memperoleh pemilikan kekayaan
  3. Saya biasanya hanya membeli barang-barang yang saya perlukan.
  4. Saya senang membelanjakan uang untuk barang-barang yang tidak bermanfaat.
  5. Membeli barang-barang membuat saya sangat senang
  6. Saya memiliki semua yang benar-benar saya perlukan untuk menikmati kehidupan.
  7. Hidupku akan menjadi lebih baik jika saya memilik barang-barang tertentu yang belum saya punyai.
  8. Saya tidak akan menjadi lebih bahagia jika saya punya barang-barang yang lebih bagus
  9. Saya akan merasa lebih bahagia jika saya mampu membeli lebih banyak barang.
  10. kadang-kadang saya merasa tidak enak jika saya tidak mampu membeli semua barang-barang yang saya sukai

a.Seperti itulah saya = 10

b. Mendekati Sifat saya = 8

c. Sedikit seperti itu = 4

d. tidak Sama sekali = 2

jika nilai nya 20 - 36, maka anda selamat dari gelar materalistik,makin rendah skor yang anda dapat berarti makin baik,begitu pun sebalik makin tinggi skor anda makin tinggi tingkat materialistik anda.

Keep Fighting In your Heart”

Tidak ada komentar: